April 13, 2019by positiverepublik

Apasih Bedanya Distributor, Supplier, Reseller/Dropshipper dan Agen ?

Ada yang tahu bedanya distributor, supplier, reseller/dropshipper dan agen?

Yuk simak penjelasan berikut agar kamu tidak salah pemahaman dalam berbisnis

 

DISTRIBUTOR adalah seseorang/perusahaan/pihak yang membeli produk dari PRODUSEN yang memproduksinya langsung dan menawarkan/menjual kembali kepada toko/retail. Distributor bisa saja mengambil produk dari beberapa produsen untuk ditawarkan ke-toko-toko. Biasanya DISTRIBUTOR akan menerima prosentase diskon harga yg lebih besar dari produsen krn melakukan pembelian dalam jumlah sangat banyak (stok barang)

Jadi Distributor adalah penghubung antara produsen-produsen, AGEN dan toko-toko retail.Contohnya; Distributor makanan ringan menawarkan berbagai jenis makanan kepada toko retail.

 

SUPLIER adalah seseorang/perusahaan yang secara kontinu menjual barang kepada kita. Biasanya barang tersebut bukanlah untuk dijual lagi, tapi lebih kepada pendukung kegiatan usaha.

Misalnya supplier kertas memasok kertas ke kantor-kantor atau contoh lainnya: supplier besi tua memasok besi ke pabrik pengolahan besi. Jadi barang yg dijual oleh supplier adalah penunjang kegiatan usaha atau berupa bahan mentah. kadang SUPLIER juga bisa mensuplai barang pada distributor

 

AGEN adalah MENJUAL BARANG dari DISTRIBUTOR ke retail. terkadang agen juga bisa bersifat sbg perantara antara distributor dan retailer.. pendapatan agen adalah komisi penjualan dari distributor atau selislh harga jual dari harga retailer

 

 

RESELLER / DROPSHIPPER pada dasarnya RESELLER itu bisa juga disebut sbg AGEN. dari istilah katanya RE = mengulang dan Sell = menjual yang dapat diartikan menjadi Menjual Kembali, dan -er yang memiliki arti perlakunya. Nah dari mengartikan kata-kata itu saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa RESELLER berarti orang / pelaku yang menjual kembali dengan adanya produk fisik di tangan agen tersebut.

DROPSHIPPER adalah agen yang menjual kembali produk suppliernya dengan TIDAK memiliki produk suppliernya tersebut. Jadi Dropshipper hanyalah agen yang menjual informasi dari suatu produk.

 

Dapat kita lihat perbedaan yang cukup mendasar dari hal ini, jika Reseller menjual kembali dengan memiliki produknya, Dropshipper hanya menjual informasi dari produk tersebut. Jadi kita dapat mengatakan pula bahwa dengan menjadi seorang dropshipper, kita dapat menjadi pelaku bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjual produk supplier kita.