April 13, 2019by positiverepublik

Cara Scan Barcode Biar Lebih Ringkas Buka Peta di Google Maps

 

Dengan adanya Google Maps, kita sekarang dapat dengan mudah menemukan suatu tempat. Bahkan, kamu hanya perlu mengetuk lokasi yang dibagikan jika sudah berbentuk link.

Kemudahan menggunakan Google Maps ini kemudian hadir sebagai solusi bagi orang-orang yang memiliki hajat, seperti pernikahan, ulang tahun, atau bahkan acara-acara seminar.

Namun, biasanya dari pada menuliskan URL lokasi Google Maps-nya, orang-orang cenderung memilih menggunakan QR Code ( bentuk lanjutan dari barcode)  jika menggunakan undangan cetak, untuk mempermudah pencarian lokasi dengan menggunakan Google Maps.

Dengan menggunakan QR code ini, kamu hanya perlu memindai gambar kode QR-nya menggunakan kamera, tanpa perlu repot menulis ulang (kalau undangan cetak kan tidak bisa di-copy-paste) URL dari lokasinya.

Pada beberapa perangkat, kamera bawaannya biasanya telah dilengkapi dengan fitur pemindai QR Code, tetapi jika belum ada, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Scan QR Code atau Barcode Google Maps

  1. Unduh aplikasi barcode scanner dari Google Play Store, dalam hal ini saya menggunakan QR & Barcode Reader
  2. Setelah berhasil mengunduhnya ke perangkat, buka aplikasi QR & Barcode Reader
  3. Pada awal penggunaan, kamu akan dihadapkan pada layar informasi, oleh karena itu kamu bisa menggeser layar ke kiri hingga muncul tanda centangdi pojok kiri bagian bawah layar
  4. Jika sudah muncul, klik tanda centang tersebut
  5. Setelah masuk ke menu utama, kamu bisa memilih dua cara scan QR Code, kamu bisa memilih SCAN USING CAMERAuntuk memindai gambar dengan kamera atau menggunakan SCAN IMAGE untuk memindai file berbentuk gambar digital
  6. Kali ini, saya mencontohkan menggunakan SCAN USING CAMERA
  7. Setelah muncul mode tangkapan kamera, letakan gambar QR Code (misal yang ada di undangan) di depan kamera
  8. Pindai gambar QR code tersebut hingga ukurannya sesuai dengan bagian dalam persegi pada layar tangkapan kamera
  9. Secara otomatis, akan muncul URL dari lokasi Maps yang dibagikan
  • Setelah ini, kamu bisa memilih opsi Open websiteuntuk membuka lokasi melalui aplikasi Google Maps

 

Sebagai tambahan informasi, selain bisa untuk memindai QR Code atau Barcode Google Maps kamu pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah lokasi Google Maps ke dalam bentuk kode QR Code.