April 13, 2019by positiverepublik

Siapa bilang Bisnis sama Dagang itu SAMA?

Bisnis dan Dagang itu sama tapi ada bedanya?, loh kok bisa begitu?. sebelum terjun di dunia yang katanya dunia bisnis atau calon pengusaha, harus paham dulu dasar pengertian diantara apa itu bisnis dan apa itu dagang?. secara umum dagang adalah tindakan menjual barang/jasa. begitu juga dengan bisnis, sama artinya. Nah yang membuat berbeda itu adalah :

 

Apa Itu Dagang?

Seperti yang disinggung statement di atas ” tindakan menjual barang/jasa “. dalam konteks dagang biasanya hanya itu-itu saja ” yang penting jualan, laku, & untung “. dari keuntungan itu bisa menutupi kebutuhan, kulakan (belanja lagi buat dagang lagi). begitu dan seterusnya.

Contohnya : jual gorengan, siomay, ketoprak, dsb. tapi ngga jarang juga si penjual ingin mengembangkannya lebih besar, merekrut karyawan, dan lain-lain. bahasan ini  secara garis besar (pada umumnya), intinya : yang penting jualannya laku & untung. thats it! itulah PEDAGANG!

 

 

Apa Itu Bisnis?

Basicnya sama ” dagang/jualan “. tapi kalau di perhatikan lebih mendetail tentu bisnis punya rincian lebih banyak. dan memang bisnis itu di mulai dari berdagang, baik dagang produk atau jasa. ketika terjun di dunia bisnis jangan hanya mikirin untung dan yang penting kebutuhan belanja modal cukup. bukan begitu guys!

Bisnis itu ngga cuma mikirin yang penting jualan & untung, tapi juga harus investasi, bangun team, network, punya visi-misi mengembangkan bisnisnya hingga menjadi sebuah perusahaan dan menciptakan lapangan kerja buat orang lain. nah gimana?, tentu lebih bermanfaat kan?

 

Jangan takut gagal bro.. justru itu seni-nya bisnis. mungkin kamu juga udah pernah lihat atau baca riwayat para pengusaha. jatuh-bangun merintis bisnis, bangkrut-survive, percobaan ribuan kali gagal dan di kesempatan terakhirnya ternyata dia bisa berhasil, dsb. itulah roda kehidupan para pengusaha sebelum menuai kesuksesan (sudah pasti mengalami kegagalan hingga berujung kebangkrutan). contoh sederhana : kita bisa berlari tentu sebelumnya belajar berjalan, sebelum bisa berjalan tentu belajar berdiri, sebelum bisa berdiri tentu belajar tengkurap, duduk, dsb. itulah siklus kehidupan manusia dari masa ke masa. hidup terus berjalan tinggalkan masa lalu dan raih masa depan.